Entri Populer

Selasa, 01 Maret 2011

Tingkatkan Performa Mesin Motor Standart


Salam kenal semua,, saya mr.B, mau sedikit bagi2 ilmu mengenai beberapa,,,,,,,,
tips mengenai mesin motor,,,, moga bermanfaat… ok sebelum saya berbagi2 ilmu buat kmu2 yang suka balap motor/ingin motor anda sedikit mengasikkan bila di kendarai mungkin, moga ini dapat bermanfaat buat km, pada dasarny motor yang ada di pasaran indonesia merupakan motor2 yang telah dirancang untuk mobilitas sehari2 sehingga mesin yang ada memiliki paling tinggi untuk ukuran motor bebek sekitar 110 cc,,,
tapi jangan kawatir disini saya ada beberapa tips untuk meningkatkan performa mesin motor anda,,
kali ini kita bahas untuk motor bebek SuZuki Shogun 110,cc dulu ya..
Pertama mungkin motor anda saat ini terasa berat bila anda pakai?, dalam artian mesin terasa susah payah untuk diajak lari?… Pada dasarnya susuki memiliki bahan dan kualitas untuk pembuatan mesinya lebih baik dibanding dengan merek lain,,, ups, maaf bukan maksuk njelek2 kan produk lain lho,, tapi coba anda bandingkan dengan cara mengangkat , misalnya coba anda angkat Cylinder mesin suzuki shogun dengan merek lain misal yamaha jupiter, rasakan perbedaan beratnya, kalo anda sudah pernah mengangkat pasti perbedaan sangatlah jauh suzuki shogun lebih berat,, dapat juga dengan anda memukulnya pelan2,, suara cylinder dari mesin shogun lebih terdengar padat..benar bukan!!,,
Untuk meningkatkan performa mesin motor SuZuki Shogun 110 anda coba anda lihat pada sistem penyuplaian bahan bakar coy, pada mesin standart biasanya terasa kasar, ok pasti anda sudah tau masalah korek mesin bukan, ini merupakan proses dimana lubang penyuplaian dan pembuangan di besarkan, tapi tunggu dulu dalam melakukan ini jangan sembarangan anda membesarkan lubang2 itu, maksudny lubang isap-buang lho, jangan lubang yg laen :D ,, ok gini saja saya tidak memberikan cara2 yg susah2 untuk masalah ini pada dasarnya Bapak Jepang,, sudah mengukur sudut dan ketepatan lubangnya,,, anda saya sarankan untuk menghaluskannya saja coy, kalo perlu anda poles dengan batu hijau (banyak di toko besi, tinggal bilang saja) ya di haluskan saja,, lakukan juga untuk manifolny juga ya..
Tahap dua anda dapat melakukan pembubutan pada bidang cylinder heat, maksudnya pada bidang dimana sisi yang menempel pada cylinder piston, tau kan, coba anda bubut 0,8 mm jangan banyak2 soalnya tar piston dapat bertubrukan dengan klepny,,, dengan pembubutan tersebut akan dihasilkan kompresi pembakaran akan lebih padat, sehingga dapat menaikan kompresi mesin,,,, jangan lupa anda bersihkan beberapa kerak2 yang menempel pada ruang2 pembakaran, ini bertujuan agar pembakaran dapat terjadi sempurna, selanjutny anda dapat melakukan penyekuran pada klep dan dudukan klepnya, ini bertujuan agar klep dan dudukan klep lebih rapat tanpa ada ronga2 yang mengakibatkan kebocoran pada ruang pembakaran, lakukan ini dengan hati2 gunakan obat khusus (campur dengan beberapa tetes oli ya) yang banyak terdapat di bengkel2 onderdil, jangan lupa ganti juga sill klepny ya,,,  selanjutnya coba anda pasang kembali mesin2 yang di bongkar tadi, untuk perpak anda dapat memasangny satu saja, biasanya pada motor standart paking berlapis 3, ,, pastikan gunakan lem gasket pada setiap pemasangannya..setelah semua selesai, dan karburator juga jangan lupa anda bersihkan,, sekarang coba anda nyalakan dan cobalah,,,,,,,,,,,,,,,,
upss,, blum kerasa perubahannya ya,  ok pasti tarikan mesin hanya terasa beda dikit y, kalo gitu coba anda lakukan ini,, coba anda periksa busi, apakah busi yang anda pakai sudah sesuai dengan wilayah anda,, begini busi sangat perpengaruh juga lho sama cuaca panas dan dingin, untuk itu sesuaikan lah,, bila anda berada diwilayah panas coba anda gunakan jenis busi dingin, begitu sebalikny,,, jangan lupa seting karburator yang benar, jangan hanya anda menyetingnya boros2 saja (boros bukan berati kencang coy) teoriny sama kalo anda ada pada wilayah dingin anda dapat mengaturnya dengan penyuplaian bensin yg irit ,, bila anda di daerah panas anda dapat mengaturnya dengan sedikit boros bensin,,, kenapa demikian pada daerah dingin bila penyuplaian bensin terlalu banyak maka bensin tidak akan terbakar secara maksimal dikarenakan mesin tidak terlalu panas karena suhu disekitarnya, sehingga bensin akan sia2 di buang,, begitu juga pada daerah bersuhu panas bila anda menyetel penyuplaian bensinny terlalu irit maka pembakaran tidak akan maksimal dikarenakan pemuaian bahan bakar yang tinggi yg dikarenakan suhu disekitarnya ,,, seting setelan angin jangan lupa ya…. sekarang anda dapat mencobanya gimana ada perubahan?,,,,
waow ,,, blum puas juga, ok ni masih ada trik lagi setelah anda geber lo punya motor apakah terasa masih belum maksimal/ masih terdengar tersendat-sendat suara ny,,,, heheheee :D , coba deh anda ganti tu CDI standart SuZuki Shogunnew dengan SuZuki Shogun Th lawas, ada lo perbedaannya pada kedua CDI itu, pada suzuki shogunnew terdapat sistem limiter, yaitu sistem kerja CDI yang berfungsi untuk meng cut aliran listrik yang mengalir pada busi,, sehingga bila mesin di GEBER!!!!  nanti pada RPM tertentu sistem ini berjalan sehingga mengakibatkan mesin seperti tersendat-sendat dikarenakan aliran listrik terputus2,.,, untuk itu anda dapat mengantinya dengan CDI Shogun th 99-00 an (shogun lama)/ atau anda dapat menganti CDI racing yang banyak dijual ditoko2 variasi motor, untuk harga mungkin sekrang sekitar 400-500 ribuan,,   kalo sudah anda ganti sekarang anda dapat mencobanya kembali motor anda,,,, Gimana coy, sudah terasa blom bedanya,, Kalo masih blum puas ni ada lagi,,,, sedikit extrim ya ga pa2 asal anda rajin merawatnya pasti tu mesin awet kok,, coba deh anda lepas tu yang namanya noken as, anda dapat melakukan pembubutan pada bagian sampingny , jangan pada ujungny, untuk ini sedikit rumit sih gini aja lah, lebih gampanny anda beli saja yang sudah jadi di toko2 variasi juga ada kok,… tapi jangan lupa seting dengan benar soalnya ditakutkan nanti kepala klep dapat berbenturan dengan piston tar brabe jadinya,, bila terjadi demikian anda dapat melakukan pengikisan pada bagian kepala piston,, sudah ada bentuknya kok tinggal anda dalamkan saja tu kubahny,,, disamping itu anda dapat juga menaikkan cc motor anda dengan menganti piston standart dengan piston standart oversise,,, kalo masih blum puas  setelah anda menaikan cc motor anda,, anda dapat menganti payung klep anda dengan yang lebih besar diameterny, tapi tunggu dulu anda tetap harus melakukan pembubutan agar dapat dipasang pada mesin anda,,, anda dapat membawanya pada tukang bubut biasanya mereka sudah tau apa yang harus dilakukan , pokoknya anda bilang aja pada tukang bubutny , pak tolong pasangin ini ke sini ya,,,, heheeeee :D ,,,, santai coy tukangnya sudah tau kok,,
kalo anda sudah melakukan perubahan ini anda saya anjurkan untuk menganti tu yang namanya karburator, anda dapat mengganti dengan karburator milik RX king atau Karburatoe mikuni kotak 24mm, jangan lupa disetting juga lho penyupelaian bensinnya,,.,
gimana sudah yoi blum motor km,, masih kurang bringas ya,,,,,coba anda bongkar pada bagian kampas kopling, gantilah kampas kopling yg baru mungkin kampas kopling yg lama sudah aus,,,,  anda juga dapat menambag kan Ring pada bagian per matahariny (sebutan para bengkel jogja),,,atau kalau tidak ditambahkan ring anda dapat menambagkan per matahari menjadi dua lapis, sedikit berat sih nanti untuk memasuk kan gigi 1 ke gigi berikutnya ,, tapi tidak apa2 jangan kawatir,, kalo anda sudah memasang kopling tangan pada motor susuki shogunnew lo, lo dapat beli tu peringan kopling yang ada di toko2 variasi ,,,  setelah itu anda dapat mencoba motor lo,, gmn ??????????????????????????
dah ini dulu ya kalo ad pertanyaan coment aja ke sini ,,,,
kalo ada bahasa2 yang kurang dimengerti tanyakan di sini ok coy…,,,
sukses bro otak-atik mesinny,,,,,,

4 komentar:

  1. Klo kopling manual shogun 110 biar enteng gmn y bro cara y

    BalasHapus
  2. diblandrek pakai punya apa biar bisa pakai per

    BalasHapus
  3. Kalo mau korek cocok pake secher punya apa gan??tp korek harian..thx

    BalasHapus